Sadari Fungsi Lemak Tidak Bosan dari Saat ini

Lemak tidak selama-lamanya bawa efek jelek buat badan. Lemak diperlukan oleh badan diantaranya jadi sumber daya serta bahan baku pembentuk hormon. Satu diantara type lemak yang diperlukan badan ialah lemak tidak jemu. Unsaturated fat atau biasa diketahui dengan lemak tidak jemu salah satu type asam lemak yang baik untuk badan.

Manfaat Lemak


Berlainan dengan type lemak yang lain yang bikin rugi, seperti lemak jemu serta lemak trans, lemak tidak jemu malah memberi banyak faedah buat badan. Lemak tidak jemu bisa menolong tingkatkan cholesterol baik (HDL), kurangi kandungan cholesterol jahat (LDL), serta menolong memperhatikan kesehatan jantung.

Jenis-Jenis Lemak Tidak Jemu


Lemak tidak jemu terbagi dalam dua type, yakni :

  • Lemak tidak jemu tunggal

Lemak tidak jemu tunggal ini disebutkan dengan MUFA (monounsaturated fat acids) hanya karena mempunyai satu ikatan rangkap. Asam lemak yang terhitung ke type lemak tidak jemu tunggal ialah asam palmitoleat, asam oleat, serta asam vaksenik.

  • Lemak tidak jemu ganda

Asam lemak ini disebutkan dengan polyunsaturated fatty acids (PUFA). Disebutkan demikian sebab asam lemak ini mempunyai banyak ikatan rangkap. Ada dua type asam yang terhitung lemak tidak jemu ganda, yakni asam lemak omega-3 serta asam lemak omega-6.

Asam lemak tidak jemu ganda mempunyai faedah yang baik buat kesehatan, seperti untuk menahan penyakit jantung serta mendukung perkembangan otak.

Faedah Lemak Tidak Jemu

Ada banyak faedah lemak tidak jemu buat kesehatan, yakni :

  • Tingkatkan cholesterol baik (HDL)

Konsumsi lemak tidak jemu bisa tingkatkan cholesterol baik (HDL) dalam darah. Dengan bertambahnya kandungan cholesterol HDL, efek berlangsungnya penyempitan serta penimbunan plak di pembuluh darah akan alami penurunan.

  • Menolong perkembangan beberapa sel baru
Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak tidak jemu dapat pelihara serta menolong pembentukan beberapa sel baru. Diluar itu, kandungan vitamin E yang tinggi pada lemak ini diperlukan untuk sehatkan mata, memperhatikan kesehatan kulit, dan menguatkan skema kebal badan.

  • Kurangi efek penyakit jantung serta stroke
Ganti mengonsumsi lemak jemu dengan lemak tidak jemu dapat kurangi efek penyakit jantung serta stroke. Lemak tidak jemu akan kurangi kandungan cholesterol jahat (LDL) dalam darah, hingga menahan berlangsungnya aterosklerosis atau tersumbatnya pembuluh darah sebagai pemicu penyakit jantung serta stroke.

  • Tingkatkan sensitivitas insulin
Lemak tidak jemu didapati bisa tingkatkan sentivitas insulin di badan. Satu studi temukan jika mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak tidak jemu sepanjang tiga bulan bisa tingkatkan sensitivitas insulin sampai 9 %.

Jadi, konsumsi lemak tidak jemu dengan teratur bisa menolong pasien diabetes type 2 untuk mengatur kandungan gula darahnya.

  • Menolong jaga berat tubuh
Satu diantara faedah konsumsi lemak tidak jemu tunggal dengan teratur ialah menolong mengatur berat tubuh. Orang yang teratur konsumsi lemak tidak jemu serta jaga konsumsi kalori bisa alami penurunan berat tubuh.

Untuk memenuhi keperluan asam lemak tidak jemu, Anda dapat konsumsi bermacam makanan yang kaya lemak type ini, seperti alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun, ikan salmon, ikan tuna, serta ikan sarden.

Walau lemak tidak jemu mempunyai banyak faedah buat badan, tetapi Anda masih dianjurkan tidak untuk mengkonsumsinya terlalu berlebih. Jumlahnya konsumsi lemak tidak jemu tunggal yang direferensikan buat orang dewasa ialah seputar 50-65 gr /hari.

Bila Anda mempunyai keadaan medis tersendiri, berkonsultasilah dengan dokter untuk memastikan type makanan serta jumlahnya konsumsi lemak tidak jemu yang sesuai keadaan Anda.
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post