Trik Kurangi Kolesterol dengan Beta Glucan serta Inulin

Kandungan cholesterol yang begitu tinggi serta tidak termonitor dapat memunculkan bermacam permasalahan kesehatan serius, dari mulai stroke sampai serangan jantung. Satu diantara langkah turunkan cholesterol tinggi dengan konsumsi makanan yang kaya serat, terhitung beta glucan serta inulin.

Cholesterol tinggi bisa dikarenakan oleh beberapa hal. Merokok, seringkali konsumsi makanan cepat saji, serta kurang olahraga adalah beberapa faktor yang bisa tingkatkan kandungan cholesterol pada tubuh.

Walau bisa tingkatkan efek terserang penyakit beresiko, cholesterol tinggi seringkali tidak memunculkan tanda-tanda. Oleh karenanya, periksakan kandungan cholesterol dengan teratur sangatlah penting, walau tidak ada aduan tersendiri.

Cara Mengurangi Kolesterol dengan Beta Glucan dan Inulin


Untuk kurangi cholesterol tinggi di badan, ada cara-cara yang dapat dikerjakan, yaitu dengan teratur olahraga sepanjang 30 menit /hari, konsumsi makanan sehat, jaga berat tubuh baik, dan konsumsi obat-obatan untuk kurangi cholesterol sesuai dengan referensi dokter.

Tulis itu, Anda dapat konsumsi suplemen untuk menolong turunkan cholesterol. Satu diantara suplemen penurun cholesterol ialah beta glucan serta inulin.

Kenal Beta Glucan serta Inulin


Beta glucan serta inulin adalah type serat yang terdapat di beberapa jenis makanan serta mempunyai beberapa faedah, diantaranya untuk turunkan cholesterol.

Dalam turunkan cholesterol, beta glucan serta inulin kerja lewat cara mengikat cholesterol yang ada di usus kecil, serta mencegahnya terserap ke saluran darah supaya tidak menumpuk di badan. Kemudian, cholesterol yang sudah terikat dengan beta glucan atau inulin akan dibuang bersama dengan tinja pada saat buang air besar (BAB).

Tidak hanya turunkan kandungan cholesterol, beberapa riset sudah menunjukkan jika beta glucan berguna dalam memperhatikan kesehatan jantung serta skema kebal badan, mengatur kandungan gula darah, dan kurangi efek terserang kanker.

Tidak itu saja, beta glucan diakui bisa menolong menyembuhkan beberapa penyakit, yakni radang sendi, alergi, infeksi sesudah operasi, serta masalah pencernaan. Tetapi, efektivitas beta glucan untuk menyembuhkan beberapa penyakit itu masih butuh di teliti selanjutnya.

Demikian juga dengan inulin. Zat ini dapat turunkan kandungan cholesterol, trigliserida, dan gula darah. Diluar itu, inulin dapat tingkatkan perkembangan bakteri baik yang menolong usus kerja lebih maksimal. Ini membuat inulin sering dipakai untuk menangani masalah pencernaan, seperti sembelit.

Kurangi Cholesterol Tinggi dengan Beta Glucan serta Inulin


Setiap orang disarankan konsumsi kira-kira 7,5 gr beta glucan serta seputar 14 gr inulin /hari. Ke-2 zat ini dapat Anda temukan dari makanan. Di bawah ini ialah beberapa makanan yang kaya beta glucan :


  • Rumput laut
  • Jamur, seperti jamur ganoderma serta shiitake
  • Gandum utuh
  • Oatmeal
  • Barley atau jelai
  • Ganggang/tumbuhan alga


Dibandingkan beta glucan, makanan yang memiliki kandungan inulin lebih gampang didapatkan. Anda dapat pilih satu diantara atau beberapa makanan di bawah ini untuk penuhi keperluan inulin harian Anda :


  • Gandum
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Daun bawang
  • Asparagus
  • Pisang


Jika konsumsi dari makanan tidak memenuhi, Anda bisa konsumsi suplemen yang telah diperkaya oleh beta glucan serta inulin, untuk menolong kurangi kandungan cholesterol pada tubuh. Suplemen ini baik untuk menolong menahan cholesterol menumpuk dalam darah.

Untuk kurangi kandungan cholesterol dalam darah, makanlah suplemen sesuai dengan ketentuan serta dosis yang tercantum pada paket, atau menurut saran dokter, serta sertai dengan jalani pola hidup sehat. Diluar itu, awasi kandungan cholesterol dalam darah dengan teratur lakukan cek cholesterol serta memperiksakan-diri ke dokter.
Previous
Next Post